Selasa, 18 Maret 2014

MACAM MACAM JARINGAN KOMPUTER

Secara umum, macam-macam jaringan komputer itu tidak terlalu banyak dan rumit pengertiannya. Disebutkan bahwa jaringan komputer berlandaskan internet adalah sekumpulan dua atau lebih komputer temasuk peralatannya yang memungkinkan terjadinya arus informasi baik searah maupun dua arah. Di bawah ini, Anda akan lebih mengenal macam macam jaringan komputer yang ada di sekitar kita.

Macam macam jaringan komputer

LAN (Local Area Network)
Merupakan jaringan komputer yang melayani area lokal, dan tentu sesuai namanya, Anda hanya akan menemukan LAN di berbagai tempat seperti kampus, perkantoran, atau pabrik industry. Ini adalah jaringan komputer yang paling umum dan memiliki kecepatan transmisi data dengan 1/100 megabit pada setiap detiknya. Dengan menggunakan LAN atau Local Area Network, maka Anda akan dapat mengnetwork 300x225 Inilah macam macam jaringan komputer yang patut kita ketahuigunakan akses jarak jauh kepada organisasi remote dengan sebuah router. Juga, router tersebut secara langsung terhubung dengan MAN (Metropolitan Area Network) atau WAN (Wide Area Network).
MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan jaringan yang diperuntukkan bagi pengguna korporat dengan LAN besar. Ini adalah jaringan yang masih relative baru dan memiliki peran yang mirip dengan ISP. Pada umumnya, jaringan MAN tidak dimiliki oleh sebuah organisasi karena biasanya peralatan serta komunikasi link dimiliki oleh satu konsorsium pengguna. Juga, bisa jadi MAN merupakan suatu jaringan yang disediakan oleh penyedia tunggal dan melakukan penjualan layanan mutlak kepada penggunanya. MAN sering bertindak sebagai jaringan berkecepatan tinggi dan dikatakan mirip dengan LAN besar, serta bisa juga digunakan salam rangka menyediakan koneksi bersama bagi jaringan lain dengan cara menghubungkan sebuah link ke dalam WAN.
WAN (Wide Area Network)
Salah satu dari macam-macam jaringan komputer yang ketiga ini merupakan penggabung beberapa LAN terpisah dalam geografis yang berbeda. Saluran telepon dial-up, saluran telepon sewa, link satelit, serta layanan operator paket data merupakan berbagai peralatan yang digunakan salam rangka menghubungkan beberapa LAN dalam satu layanan. Dengan menggunakan modemlah jaringan WAN dapat diakses atau bisa juga ke remote server dengan memakai routing protocol khusus serta filter yang meminimalkan biaya pengiriman data.
Itulah macam-macam jaringan komputer yang harus Anda ketahui secara luas dan bahkan detail.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini.thank's